Sabtu, 03 Februari 2018

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hai guys!!!
Kali ini saya akan menuliskan tentang sejarah dan perkembangan komputer.
Tentunya kalian sudah tahu kaaan, apa itu komputer? Yang belum tahu apa itu komputer, tenang! saya akan menjelaskan untuk kalian. ingin tahu apa itu komputer? dan bagaimana sejarah dan perkembangannya? langsung saja simak di bawah ini...




A. PENDAHULUAN

1. Pengertian Komputer
            Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2. Latar Belakang
Ingin mengetahui serta memahami seperti apa sejarah dan perkembangan komputer

3. Maksud dan Tujuan
Agar mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan komputer dari komputer generasi ke-1 hingga saat ini.

B. URAIAN MATERI

Sejarah dan Perkembangan Komputer
             Sejarah dan perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi. Tiap generasi ditetapkan berdasarkan teknologi pengembangan yang digunakan untuk membuat komputer tersebut beroperasi. Sejarah komputer beserta pengembangannya terdiri dari komputer generasi pertama hingga saat ini. Simak penjelasannya di bawah ini  :
1. Komputer Generasi Pertama/Tabung Vakum(1946-1959)
            Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar. Tabung vakum adalah material yang tidak efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja. Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer.

2. Komputer Generasi Kedua/Transistor(1959-1965)
            Bila dibandingkan dengan tabung vakum, transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum.Pada komputer generasi ini juga mengalami perkembangan pada bahasa pemrograman yang dimilikinya.Perubahan bahasa pemrograman ini meberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan lebih akurat.

3. Komputer Generasi Ketiga/Sirkuit Terintregrasi(1965-1971)
            Pada komputer generasi ketiga ini menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan transistor sebagai komponen komputer. Satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasitor.
Pada komputer generasi ketiga ini menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan transistor sebagai komponen komputer. Transistor pada generasi ini telah di miniaturkan dan ditaruh pada IC, satu buah IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan kapasitor. Komputer di generasi ini menjadi komputer pertama yang mana pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi, sebuah kemajuan bila dibandingkan dengan kertas berlubang.

4. Komputer Generasi Keempat/Microprosesor(1971-sekarang)
            Microprosesor adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu. Di tahun 1971 komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan dan tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple.


perkembangan komputer

5. Komputer Generasi Kelima/Kecerdasan Buatan(sekarang-masa depan)
           Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucapkan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya sendiri.

          
  Setelah kalian membaca penjelasan diatas, tentu kalian kagum dengan kemajuan perkembangan komputer. Coba bayangkan jika komputer saat ini masih sebesar komputer generasi pertama? tentu kita akan kesulitan menggunakan dan menyimpan komputer tersebut.

C. KESIMPULAN

Dengan mempelajari materi diatas, kita jadi tahu tentang sejarah perkembangan komputer dan menambah wawasan kita

D. REFERENSI

http://syahrin-alf.blogspot.co.id/2016/03/sejarah-dan-perkembangan-komputer.html
https://weeayu.wordpress.com/sejarah-dan-perkembangan-komputer/

  Sekian yang dapat saya tuliskan dalam saya kali ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar