Rabu, 07 Februari 2018

OSI(Open System Interconnection)



Assalamu’alaikum Wr. Wb

Hai guys!!!
Ketemu lagi dengan saya APRILIA HIDAYATI :)
Disini saya akan menuliskan sebuah artikel tenteng OSI Layer. Tentu sebagian kalian sudah mengetahui apa itu OSI Layer. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu OSI Layer, tenang saja! Saya akan membantu kalian mempelajari tentang OSI Layer. Simak materi di bawah ini…..



A. PENDAHULUAN

1. Pengertian OSI Layer
OSI Layer adalah standar komunikasi yang diterapkan didalam jaringan komputer. OSI Layer menggambarkan bagaimana informasi dari suatu aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu aplikasi di komputer lain. OSI Layer secara konseptual terbagi ke dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki tugas yang spesifik.

2. Latar Belakang
Ingin mempelajari lebih dalam ilmu tentang OSI Layer.

3. Maksud dan Tujuan
Untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data.


B. URAIAN MATERI

Lapisan-lapisan pada OSI Layer :
1. Physical Layer



Lapisan kw-1 ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringnan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengabelan.
Pada Layer ini, tidak mempunyai protokol yang spesifik, bertanggung jawab atas data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem, pada layer ini hanya mengirimkan bit-bit data.
2. Data-Link Layer



Lapisan ke-2 ini berfungsi untuk menetukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame.
Protokol yang berada didalam layer ini : PPP(Point to Point Protocol), SLIP(Serial Line Internet Protocol).



3. Network Layer



Lapisan ke-3 ini berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworkingn dengan menggunakan router dan switch later-3.
Protokol yag berada didalam lapisan ini: IP(Internetworking Protocol), ARP(Address aaResolution Protocol), RARP(Reverse Address Resolution protocol), ICMO(Internet Control Message Protocol), IGMP(internet Group Message Protokol).
4. Transport Layer


Lapisan ke-4 ini berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses, dan menstransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang ditengah jalan.
Protokol yang terdapat pada layer ini : TCP(Transmission Control Protocol), UDP(User Datagram Protocol).
5. Session Layer


Lapisan ke-5 ini berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Level ini juga dilakukan resolusi nama.
Protokol yang terdapat pada layer ini : NetBIOS, NetBEUI(NetBIOS Extendeed User Interface), ADSP(AppleTalk Dta Stream Protocol), PAP(Printer Access Protokol), SPDU(Session Protocol Data Unit).
6. Presentation Layer


Lapisan ke-6 ini berfungsi untuk mentranslaikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmiskan melalui jaringan.
Protokol yang berada pada layer ini : TELNET(Telecommunicatin Network), SMTP(Simple Mail Transfer Protocol), SNMP(Simple Network Mail Protocol).
7. Application Layer



Lapisan ke-7 ini berfungsi untuk menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringn.
Protokol yang berada pada layer ini : HTTP(Hyper Text Transfer Proocol), FTP(File Transfer Protocol), NFS(Network File System), DNS(Domain Name System), POP3(Post Office Protocol), MIME(MultiPurpose Internet Mail Extension), SMB(Server Message Block), NNTP(Network News Transfer Protocol), DHCP(Dynamic Configuration Protocol).

C. KESIMPULAN
Ketika data ditransfer melalui jaringan, sebelumnya data tersebut harus melewati ke tujuh layer dari satu terminal, mulai dari layer aplikasi sampai physical layer, kemudian di sisi penerima, data tersebut melewati layer physical sampai aplikasi.

D. REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA
https://trinanda3.wordpress.com/2017/10/10/pengertian-fungsi-dan-protokol-osi-layer/

Sekian materi tentang OSI Layer ini saya tuliskan. Semoga bisa membantu kalian mempelajari materi ini dan semoga bermanfaat :)

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB



0 komentar:

Posting Komentar