Selasa, 06 Februari 2018

PERALATAN JARINGAN KOMPUTER


ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB

Kali ini saya akan menuliskan blog yang berisi tentang peralatan Jaringan Komputer. Simak dan Pelajari materi di bawah ini…..



A. PENDAHULUAN

1. Peralatan Jaringan Komputer

Pada jaringan komputer terdapat beberapa macam Hardware. Diantaranya adalah server, workstation, NIC, switch, hub, router, bridge, repeater, kabel, dan konektor yang mempunyai fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda.

2. Latar Belakang

Ingin mengetahui sekaligus memahami materi tentang Peralatan Jaringan Komputer.

3. Maksud dan Tujuan

Agar dapat memahami tentang definisi, macam-macam, dan fungsi dari peralatan jaringan komputer.

B. URAIAN MATERI

Macam-macam peralatan Jaringan Komputer

1. Server



Server merupakan hati dari kebnyakan network. Server biasanya merupakan komputer yang berkecepatan tinggi dengan kapasitas memori(RAM) dan simpanan yang besar, dan dihubungkan dengan antarmuka jaringan yang cepat(fast network interface). Sistem operasi jaringan bekerja pada komputer tersebut, bersama perangkat lunak aplikasi dan file data yang diperlukan.

2. Workstation



Semua komputer yang terhubung ke server pada jaringan disebut dengan workstation. Workstation jaringan komputer standar komputer yang dikonfigurasi menggunakan kartu antarmuka jaringan, perangkat lunak aringan dan kabel-kabel yang diperlukan. Workstation tidak selalu membutuhkan floopy disk atau hard disk sebab file dapat disimpan pada server.

3. NIC(Network Interface Card)



NIC merupakan peralatan yang memungkinkan terjadinya hubungan antara network dengan komputer workstation atau network dengan komputer server.

4. Switch



Switch bekerja pada lapisan data link sehingga sering disebut sebagai switch lapisan kedua
(layer-2 switch). Cara kerja switch mirip dengan bridge yang mampu untuk mengenal alamat MAC. Switch memiliki tabel penerjemah yang secara otomatis membuat daftar alamat MAC dari komputer yang berada di jaringan. Dengan menggunakan tabel alamat ini, switch meneruskan data yang masuk dan keluar dari suatu port dapat langsung masuk switch tanpa harup menunggu data lain yang melalui port lain. Setiap port pada switch mempunyai collision domain sendiri yang sangat mempercepat pengiriman data pada jaringan.

5. Hub



Hub berfungsi untuk memperkuat sinyal dan tidak memiliki tingkat kecerdasab=n untuk menentukan tujuan akhir informasi yang dikirim. Hub memiliki sejumlah port sehingga hub sering disebut sebagai multiport repeater.

6. Router



Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan mampu meneruskan data ke alamat-alamat tujuan yang berada pada jaringn yang berbeda.

7. Bridge



Digunakan untuk memecah jaringan yang besar menjadi beberapa segmen jaringan yang lebih kecil. Jaringan-jaringan kecil tersebut dihubungkan oleh suatu bridge.

8. Repeater



Ketika suatu isyarat melintas sepanjang kabel, isyarat tersebut cenderung mengalami penurunan kekuatan atau daya. Repeater adalah alat yang dapat menguatkan(boost) isyarat jaringan yang melintasinya.

9. Modem



Berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, atau sebaliknya, sehingga dapat dimengerti oleh bahasa mesin.

Modem ada 2 macam, yaitu :

~Modem Internal

yaitu modem yang dipasang didalam komputer.

~Modem External

yaitu modem yang dipasang di luar komputer.

C. KESIMPULAN

Dengan mempelajari materi diatas kita dapat memahami tentang Peralatan Jaringan Komputer beserta pengertian, macam-macam dan fungsi dari masing-masing hardware.


D. REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA


Sekian materi yang saya tuliskan hari ini. Semoga dapat membantu kalian untuk mempelajari materi tentang Peralatan Jaringan Komputer.


WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB

0 komentar:

Posting Komentar