Jumat, 23 Maret 2018

MANAGEMENT PROJECT

Assalamu'alaikum Wr. Wb



A. PENDAHULUAN

1. Pengertian

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

2. Maksud dan Tujuan

Ingin mengetahui dan memahami apa itu management project


3. Latar Belakang

Agar dapat menerapkan Management Project dalam dunia kerja atau dalam perencanaan suatu kegiatan kerja


B. URAIAN MATERI

a. Prisip Umum Management Project

Management Project terdiri dari POAC. Apa itu POAC?
1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (Pengorganisian)
3. Actuating (Penggerakan)
4. Controlling (Pengendalian)


1. Planning (Perencanaan)

proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Kegiatan diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka pekerjaan konstruksi, baik yang menjadi tanggung jawab pelaksana (kontraktor) maupun pengawas (konsultan). Kontraktor maupun konsultan, harus mempunyai konsep planning-planning yang tepat untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing


Ada beberapa hal yang perlu diperhatiikan :
Kendala yang terkait dengan tujuan dan sumber yang ada.
Cara yang akan di pakai untuk mencapai tujuan.
Pentapan target waktu yang dicapai.


2. Organizing (Pengorganisian)

Organizing (pengorganisasian kerja) dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi. Wadah organisasi ini menggambarkan hubungan-hubungan struktural dan fungsional
yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.

Fungsi nya :
Menjamin kebrhasilan kordianasi dengan baik.
Membantu pimpina dengan pembagian tugas.
Mempersatukan pemikiran dalam menyelesaikan satu tujuan.

3. Actuating (Penggerakan)

Actuating diartikan sebagai fungsi manajemen untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam planning. Pada tahap ini diperlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakkan; mengarahkan; dan memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi
dalam menyukseskan manajemen proyek mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Fungsi nya :
Aagar terjadi penyelesain dengan sesuatu proyek
Memahami apa saja kendala yang akan terjadi
Menggerakan dalam bidang-bidang tertentu.


4. Controlling (Pengendalian)

Controlling diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Didalam manajemen proyek jalan atau jembatan, controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan melalui kontrak supervisi, dimana pelaksanaan pekerjaan konstruksinya dilakukan oleh kontraktor. Pengawas Umum (General Superintendat) berkewajiban melakukan Pengendalian (secara berjenjang) terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staf di bawah kendalinya yaitu Site Administration, Quantity Surveyor, Materials Superintendant, Construction Engineer, dan Equipment Engineer untuk memastikan masing-masing staf sudah melakukan tugasnya dalam koridor “jaminan kualitas (quality assurance)”. Sehingga, tahap-tahap pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan dapat dipenuhi.

b. Proyek

Proyek adalah sebuah usaha kolaborasi dan seringkali melibatkan penelitian atau desain, yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Proyek :
1. Kegiatan tertentu
2. Jelas Waktunya
3. Tidak Rutin
4. Ada alasan yang jelas

Jenis-jenis Proyek :
1. Proyek Konstruksi
2. Proyek Manufactur
3. Proyek Penelitian
4. Proyek Penelitian dan Pengembangan
5. Proyek Pelayanan Management
6. Proyek Kapital



C. KESIMPULAN

Dengan adanya management ini kita bisa memplanning dan membantu sebuah pekerjaan.


D. REFERENSI

E-book Konsep Manajement Proyek di Bidang IT
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen 
http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-manajemen/


Demikian yang dapat saya tuiskan, selamat belajar dan semoga bermanfaat.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar