Selasa, 20 Maret 2018

MODE ClearOS

Assalamu'alaikum Wr. Wb




A. PENDAHULUAN

1. Pengertian

ClearOS adalah Distri LInux berbasis pada Centos (Red Hat Enterprise Linux (RHEL) versi komunikasi), didesain khusus untuk digunakan sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka berbasis web.


2. Latar Belakang

Ingin sharing tentang ClearOS menggunakan Gateway mode dan Standalone mode.


3. Maksud dan Tujuan

Agar dpat memahami apa itu ClearOS



B. URAIAN MATERI




1. Gateway Mode

GAteway mode adalah mode ClearOS jika difungsikan sebagai Router/Firewall/Server. Dalam mode gateway, ClearOS berperan juga dalam mengatur lalu lintas data dalam jaringan. Mode gateway membutuhkan minimal sua buah LAN Card.


2. Stand Alone Mode

Stand alone mode adalah mode ClearOS jika difungsikan sebagai Server saja. Dalam mode standalone, ClearOS hanya melakukan service-service Server seperti webserver, mailserver, dataserver, ftp server, proxy server, dll. Oleh karena itu, harus ada router di depan ClearOS yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam jaringan. Mode Standalone hanya membutuhkan 1 buah LAN Card. Dalam mode standalone, LAN Card tersebut akan dikenali sebagai External, bukan LAN.
Standalone mode mempunyai dua pilihan, standalone dengan firewall dan standalone tanpa firewall.

Selain terdapat dua mode diatas, ClearOS juga menjalankan 2 fungsi yang nantinya bekerja sesuai dengan mode yaang digunakan. Dua fungsi tersebut adalah :

1. Router

Router : Berfungsi mengatur lalu lintas data di jaringan, menuju dan dari device/komputer yang terkoneksi disana. Router juga berfungsi menjembatani antar kelompok jaringan tertentu, misalnya berbeda kelas IP atau berbeda subnet.

2. Server

Server : Berfungsi menyediakan pelayanan khusus kepada client di jaringan. Contohnya adalah Web server, Mail server, Data Center, Proxy Server, dll. ClearOS mampu melaksanakan kedua fungsi ini tergantung mode yang dipilih.


C. KESIMPULAN

Dapat mengetahui apa itu ClearOS, memahami gateway mode dan standalone mode, dan mampu membedakan fungsi router dan server.



Sekian ya guys yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini. Terus semangat untuk belajar. Jangan malas-malasan. Semoga bermanfaat.....


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar