Kamis, 12 April 2018

CARA MEMBANGUN KESADARAN DIRI

Assalamu'alaikum Wr. Wb

A. PENDAHULUAN

Hay guys!!!
Kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel tentang bagaimana cara membangun kesadaran diri. Langsung saja simak berikut ini materinyaa...


1. Pengertian

Kesadaran merupakan seseorang yang dikatakan memiliki kesadaran jika ia mampu menyadari keadaan di sekelilingnya, tindakannya, dan emosinya.

2. Latar Belakang

Ingin mengetahui cara untuk membangun kesadaran diri

3. Maksud dan Tujuan

Ingin sharing tentang cara menbangun kesadaran diri


B. URAIAN MATERI

Memiliki kesadaran buka sekadar bersikap waspada, tetapi mampu memperlihatkan lingkungan dengan baik. Anda bisa berlatih meningkatkan kesadaran yang akan membawa efek positif bagi kehidupan personal dan profesional dengan melakukan beberapa langkah berikut :


1. Mengajarkan Kesadaran Kepada Diri Sendiri

  • Latihlah pikiran Anda. Kesadaran adalah kebiasaan memperhatikan secara sadar hal-hal yang sedang terjadi disekeliling Anda. Kesadaran bisa dibangun melaui latihan.
  • Biasakan melakukan aktivitas rutin dengan penuh kesadaran. Contohnya, perhatikan setiap langkah yang Anda lakukan saat menyiapkan secangkir kopi di pagi hari. Setelah itu, amati reaksi yang Anda alami melaui panca indra setiap hari.
  • Lakukan latihan sesi pendek. Pikiran Anda akan bekerja lebih baik saat melakukan aktivitas singkat, jafi berlatihlah dalam sesi pendek. Berdasarkan penelitian, akan lebih bermanfaat jika Anda membagi latihan yang membutuhkan konsentrasi panjang menjadi beberapa sesi pendek.



2. Belajar Melakukan Aktivitas secara Sadar
  • Lakukan Meditasi. Meditasi sangat bermanfaat bagi otak. Latihan meditasi bisa membantu Anda membangun kesadaran tanpa perlu banyak berusaha sebab kebiasaan ini akan terprogram dengan sendirinya didalam otak Anda.
  • Dengarkan dengan sepenuh hati. Salah satu cara membangun kesadaran adalah dengan mendengarkan baik-baik apa yang orang lain katakan. Sering kali, ketika sedang mengobrol dengan seseorang, Anda sibuk berbicara sendiri dalam hati. Mungkin Anda menilai ucapannya atau sambil memikirkan yang lain.



3. Berlatih Membangun Kesadaran.
  • Sadari perasaan Anda. Bekerja dengan penuh kesadaran adalah kualitas pribadi yang perlu dikembangkan. Selain membuat Anda lebih produktif dalam bekerja, meningkatkan kesadaran adalah cara mengurangi stres. Untuk itu, biasakan mengenali emosi dan catatlah apa yang Anda rasakan selama bekerja.
  • Berfokuslah pada napas. Menyadari napas adalah aspek yang sangat penting untuk membangun kesadaran. Bernapas dalam-dalam dengan tenang bisa membantu Anda berfokus dan menurunkan tekanan darah tinggi.



C. KESIMPULAN

Kesadaran diri itu sangatlah penting


D. REFERENSI

https://en.wikipedia.org/wiki/Special:Search?search=cara+membangun+kesadaran+diri&go=Go&searchToken=aqfgknizyyzz4yh6duh2yxqkr


Sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel saya kali ini. Selamat mencoba. Semoga kita lebih bisa sadar diri untuk kedepannya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar